Jakarta – Liburan semester genap telah tiba bagi mahasiswa Universitas Telkom. Dalam mengisi waktu liburan yang cukup lama, ada banyak referensi tempat wisata. Bagi kamu yang berdomilisi di Bandung, mungkin ini bisa jadi salah satu referensi tempat liburan. Tempat tersebut adalah Gunung Putri Lembang.

Gunung Putri Lembang tertelak di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Untuk pergi kesini, memakan waktu sekitar 90 menit jika kamu berangkat dari Universitas Telkom. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan refrensi jalur; Jalan Setiabudhi – Lembang – Gunung Putri, Jalan Ciumbuleuit – Punclut – Lembang – Gunung Putri atau Jalan Dago – Punclut – Cijeruk – Lembang – Gunung Putri.

Ketika sudah sampai di tujuan, kamu disediakan dua opsi tiket berkunjung, yaitu Rp17.500 jika berkemah dan Rp7.500 jika tidak berkemah. Perjalanan menanjak di Gunung Putri Lembang dapat dikatakan mudah. Tidak ada jalur yang ekstrem di gunung ini. Untuk mencapai ke puncak gunung, bisa dengan menggunakan motor trail atau hiking santai. Untuk cara hiking, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai puncak gunung.

Gunung Putri Lembang memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan. Dari puncak, kamu bisa melihat indahnya Kota Bandung dan melihat gunung yang lainnya sembari menikmati hangatnya matahari atau indahnya bintang-bitang yang bersinar. Teman-teman jangan lupa berpuas-puasan mengambil foto saat sunrise dan sunset karena keindahannya yang mengagumkan. Dan bagi kamu yang merasa kurang, kamu dapat mengeksplorasi lebih lanjut. Di bagian kiri gunung terdapat hutan pinus yang apik dan sebuah sisa-sisa bangunan Belanda berupa benteng yang letaknya tidak jauh dari lokasi hutan pinus.

Ketika teman-teman merasa sudah puas, terdapat 2 jalur untuk kembali ke bawah, yaitu jalur awal pendakian atau jalur kedua. Jalur pertama memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit dan jalur kedua melewati hutan pinus dengan waktu tempu sekitar 1 jam. Sekiranya sampai dibawah terdapat warung untuk membeli makanan sebelum dan sesudah berangkat.

Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi gunung, selalu ingat; jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali foto dan jangan membunuh apapun kecuali waktu.

 

Sumber: https://studentstelkomuniversity.com/berwisata-ke-gunung-putri-lembang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *